Apa Minat Karier Kamu?

Karier atau bekerja bukanlah hanya soal uang. Bicara karier maka juga berbicara tentang kebahagiaan –bagaimana sebuah karier membawa kebahagiaan tersendiri bagi orang yang melakukannya-. Banyak diluar sana orang-orang yang telah mapan dengan jabatannya, namun belum mampu menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan tersebut, dan akhirnya ia bekerja hanya dengan setengah hati. Pernah anda melihat seorang pegawai pemerintahan yang ketika dimintai tolong untuk membuat surat pengantar, selalu saja dia merespon dengan muka masam serta menjawab permintaan anda dengan nada membentak, namun jika sedang membicarakan tentang batu akik, orang tersebut dengan semangat menceritakan batu-batu yang ada ditangnanya lengkap dengan sejarah dan taksiran harganya. Pernah anda melihatnya? Nah itu salah satu tanda bahwa kebahagiaan si bapak tersebut bukan menjadi pegawai pemerintahan, namun menjadi kolektor batu akik. Anda pasti juga tahu cerita seorang tukang becak di Surabaya yang ketika sedang ada waktu luang, bapak tersebut dengan ikhlas menambal jalan-jalan di sekitarnya yang sudah rusak dengan batu-batu aspal yang ditemukannya. Alasannya sederhana : hobi. “enggak apa-apa mas, ini sudah menjadi hobi saya tiap malam. Setelah cari rejeki dengan menjadi tukang becak, malamnya saya selalu menjadi bongkahan batu aspal, buat nutup jalan yang berlobang, ya hitung-hitung abdi saya sebagai warga kota surabaya”.

Lalu pertanyaan selanjutunya adalah “bagaimana caranya agar kita mengetahui karier yang memang benar-benar dari hati kita?”. Nah, kalau masalah itu, saya ada jawabannya. Dari berbagai artikel dan buku yang telah saya baca, ada satu buku yang menarik dan sangat berguna untuk mengetahui minat karier kita. Buku ini berjudul “Who Am I”, buku ini bukan sembarang buku, buku ini ditulis oleh pemilik akun @psiklogiID. Dari namanya jelas, mereka adalah orang-orang yang mendalami jiwa manusia. Buku ini pula yang menjadi dasar saya berbicara pada artikel saya sebelumnya yang berjudul “apa gaya belajar yang cocok buat kamu?”

Sekarang mari kita mulai dengan membaca pernyataan-pernyataan dibawah ini, lalu tandai pernyataan yang memang sesuai dengan diri kita, selanjutnya, bandingkan jumlah skor antar tipe. Siap ya?

REALISTIC (R)

  1. Saya suka memperbaiki alat-alat listrik
  2. Saya suka memperbaiki motor
  3. Saya suka memperbaiki peralatan mekanik
  4. Saya suka menggunakan perkakas bengkel dan mesin
  5. Saya mampu membuat gambar dengan skala
  6. Saya mampu menggunakan peralatan mesin (misal bor listrik, atau mesin jahit)
  7. Saya mampu melakukan perbaikan kecil pada alat listrik
  8. Saya mampu melakukan perbaikan kecil pada pipa air, keran dan lain-lain
  9. Saya tertarik menjadi mekanik pesawat terbang
  10. Saya tertarik manjadi penanggung jawab keamanan
  11. Saya tertarik manjadi mekanik/montir mobil
  12. Saya tertarik menjadi pengerajin kayu
  13. Saya tertarik manjdai spesialis perikanan margasatwa
  14. Saya tertarik menjadi operator alat-alat berat
  15. Saya tertarik menjadi pengawas konstruksi bangunan
  16. Saya tertarik menjadi pengemudi bus
  17. Saya tertarik menjadi insinyur otomotif
  18. Saya tertarik menjadi ahli mesin

Jumlah yang sesuai : ___

INVESTIGATIVE (I)

  1. Saya suka membaca buku ilmiah atau majalah ilmiah
  2. Saya suka bekerja di laboratorium
  3. Saya suka mengerjakan proyek ilmiah
  4. Saya suka mempelajari suatu teori ilmiah
  5. Saya suka membaca mengenai topik-topik khusus atau keinginan sendiri
  6. Saya suka menerapkan matematika dalam masalah praktis
  7. Saya mampu melakukan percobaan atau penelitian ilmiah
  8. Saya mampu memprogram komputer untuk mempelajari masalah ilmiah
  9. Saya mampu menginterpretasikan rumus kimia sederhana
  10. Saya mampu mengerti mengapa satelit buatan manusia tidak jatuh ke bumi
  11. Saya mampu menyebutkan tiga makanan yang memiliki protein tinggi
  12. Saya tertarik menjadi ahli biologi/hayati
  13. Saya tertarik menjadi ahli astronomi/bintang
  14. Saya tertarik menjadi teknisi laboratorium medis
  15. Saya tertarik menjadi ahli kimia
  16. Saya tertarik menjadi ilmuan peneliti
  17. Saya tertarik menjadi ahli geologi
  18. Saya tertarik menjadi pekerja riset ilmiah

Jumlah yang sesuai : ___

ARTISTIC (A)

  1. Saya suka membuat sketsa, menggambar, atau melukis
  2. Saya suka menjadi pemain dalam kelompok musik, orkestra, atau teater
  3. Saya suka merancang perabotan, pakaian, atau poster
  4. Saya suka bermain dalam suatu band, kelompok, atau orkestra
  5. Saya suka memainkan alat musik
  6. Saya suka menulis untuk suatu majalah atau koran
  7. Saya suka membuat lukisan atau foto orang
  8. Saya suka menulis novel atau cerita
  9. Saya suka membaca atau menulis puisi
  10. Saya mampu memainkan alat musik
  11. Saya mampu bermain dalam drama
  12. Saya mampu menginterpretasikan cerita atau bahan bacaan
  13. Saya mampu membuat sketsa orang sehingga dapat dikenali
  14. Saya mampu melukis atau membuat patung
  15. Saya tertarik menjadi pemain musik
  16. Saya tertarik menjadi penulis novel
  17. Saya tertarik menjadi aktor/aktris
  18. Saya tertarik menjadi wartawan

Jumlah yang sesuai : ___

SOCIAL (S)

  1. Saya suka bertemu dengan pengamat sosial atau pendidikan
  2. Saya suka bekerja untuk palang merah sebagai relawan
  3. Saya suka membantu orang lain dengan masalah pribadinya
  4. Saya suka menjaga/mengurus anak-anak
  5. Saya suka mempelajari kenakalan remaja
  6. Saya mampu mudah bicara dengan semua orang
  7. Saya mampu mempimpin diskusi kelompok
  8. Saya mampu pandai dalam menjelaskan sesuatu kepada orang lain
  9. Saya mampu berpartisipasi dalam pencarian dana atau amal
  10. Saya mampu mengajar anak-anak dengan mudah
  11. Saya mampu mengajar orang dewasa dengan mudah
  12. Saya mampu pandai dalam menolong orang lain yang sedang bingung atau bermasalah
  13. Saya mampu dalam menghibur dan menemani orang yang lebih tua dari saya
  14. Saya mampu orang mencari saya untuk menceritakan masalah mereka
  15. Saya tertarik menjadi kepala sekolah
  16. Saya tertarik menjadi konselor masalah pribadi
  17. Saya tertarik menjadi pekerja sosial
  18. Saya tertarik menjadi konselor kejuruan dan pekerjaan

Jumlah yang sesuai : ___

ENTERPRISING (E)

  1. Saya suka mempengaruhi orang lain
  2. Saya suka menjual suatu produk
  3. Saya suka mempelajari strategi untuk keberhasilan bisnis
  4. Saya suka menjadi pemimpin dalam kelompok
  5. Saya suka memimpin kelompok dalam meraih tujuan tertentu
  6. Saya mampu memenangkan penghargaan sebagai tenaga penjual atau pemimpin
  7. Saya mampu saya tahu bagaimana menjadi pemimpin yang berhasil/sukses
  8. Saya mampu saya seorang pembicara didepan umum yang baik
  9. Saya mampu saya dapat mengelola usaha kecil
  10. Saya mampu saya dapat membuat kelompok sosial atau kerja berjalan dengan baik
  11. Saya mampu saya dikenal dapat berbicara dengan orang yang sulit atau keras kepala
  12. Saya mampu saya dapat mengelola kampanye penjualan
  13. Saya mampu saya dapat mengatur pekerjaan orang lain
  14. Saya mampu saya seorang yang berambisi dan cenderung bicara apa adanya
  15. Saya mampu dan saya pandai mempengeruhi orang untuk melakukan sesuatu menurut cara saya
  16. Saya mampu saya seorang tenaga penjual yang baik
  17. Saya tertarik menjadi eksekuif periklanan
  18. Saya tertarik menjadi pembawa acara/mc

Jumlah yang sesuai : ___

CONVENTIONAL (C)

  1. Saya suka melakukan pekerjaan suarat menyurat atau masalah perkantoran
  2. Saya suka melakukan operasi matematika dala bisnis atau pembukuan
  3. Saya suka membaut catatan pengeluaran yang terperinci
  4. Saya suka menyusun sistem pengarsipan
  5. Saya suka membuat daftar inventaris dari persediaan atau produk
  6. Saya mampu mengetik sepuluh jari dengan cepat
  7. Saya mampu menjalankan mesin duplikator/mesin penjumlah
  8. Saya mampu mengarsip surat dan berkas-berkas lain
  9. Saya mampu melakukan pekerjaan administrasi kantor
  10. Saya mampu menggunakan program pembukuan
  11. Saya mampu melakukan tugas administratif dalam waktu singkat
  12. Saya mampu menempatkan kredit dan debet
  13. Saya mampu mencatat dengan cermat pembayaran/penjualan
  14. Saya tertarik menjadi manajer penjualan
  15. Saya tertarik menjadi ahli pembukuan
  16. Saya tertarik menjadi kasir bank
  17. Saya tertarik analis keuangan
  18. Saya tertarik menjadi penaksir biaya

Jumlah yang sesuai : ___

Nah, sekarang jumlah nilainya dari masing-masing tipe. Perhatikan mana yang jumlahnya paling besar. Dalam buku tersebut dikatakan pula “bila nilai yang terbesarmu ada dua atau lebih, maka bisa jadi kamu memiliki kombinasi dua atau lebih tipe”.

REALISTIC (R)

Menyukai pekerjaan realistis seperti mekanik otomotif dan diterangkan sebagai figur yang sedikit bersosialisasi, penurut, terbuka, kurang fleksibel, dan tekun orang dengan kecenderungan ini baik ketika bekerja sebagai mekanikal, ATC (Air Traffic Cotroller), surveyor, ahli elektronik, dan petani. Tipe R biasanya memiliki keahlian atletik atau mekanik dan menyukai kegiatan luar ruangan dengan peralatan atau mesin. Lebih menyenangi bekerja dengan alat daripada dengan orang lain, diterangkan sebagai pribadi yang mudah menyesuaikan diri, tenang, orisional, teguh dalam pendirian, sabar, tenang, alami, gigih, praktis, pemalu, dan cenderung berhati-hati.

INVESTIGATIVE (I)

Menyukai pekerjaan investigatif seperti peneliti biologi, kimia, antropologi. Figur investigatif bercirikan analitis, ingin tahu, berhati-hati, berfikir kompleks, dan ketepatan, serta tidak terlalu menonjolkan diri. Orang dengan kecenderungan investigatif cocok bekerja sebagai ahli biologi, kimia, fisika, geologi, laboratorium, dan penelitian termasuk teknisi medis. Tipe I biasanya memilki keahlian sains dan matematika, menyukai kesendirian dalam pekerjaan maupun memecahkan masalah. Tipe I menyukai eksplorasi dan berusaha memahami sesuatu atau kejadian dibandingkan memaksakan sesuatu kepada orang lain. Tipe I diterangkan sebagai pribadi yang analitis, hati-hati, cenderung kompleks, kritis, ingin tahu tinggi, independen, intelektual, tertutup, metodologis atau prosedural, sopan, pesimis, ketepatan, menggunakan rasio, dan tertutup.

ARTISTIC (A)

Menyukai pekerjaan seni seperti komposer, musikus, penulis, aktor atau aktris dan dicirikan sebagai pribadi yang kompleks, emosional, ekspresif, daya imajinasi tinggi, dan impulsif. Orang dengan tipe artistik akan baik jika berkarier sebagai komposer, musisi, pengarah panggung, penari, dekorator, aktor atau aktris, dan penulis. Biasanya tipe A memiliki keahlian seni, menyenangi pekerjaan orisional dan memiliki imajinasi tinggi. Tipe A menyukai pekerjaan yang mengandung unsur ide kreativitas dan ekspresi diri daripada keteraturan atau rutinitas. Pribadi artistik dapat diterangkan sebagai pribadi yang rumit, kurang teratur, emosional, ekspresif, idealistik, mengkhayal, tidak praktis, mandiri, introspektif, intuitif, sulit akur, terbuka, dan tampil apa adanya.

SOCIAL (S)

Menyukai pekerjaan yang melibatkan sosialisasi seperti guru, konselor, psikolog, public relation, dan dicirikan sebagai pekerjasama, empatik, bersahabat, mudah membantu, sabar, dan bertanggung jawab secara sosial. Tipe karier orang yang mempunyai kecenderungan sosial adalah guru, terapis, pekerja religius, konselor, psikolog, perawat. Tipe S biasanya menyenangi keberadaan diri dalam sosial, tertarik bagaimana bergaul dengan situasi sosial dan suka membantu permasalahan orang lain. Pribadi S diterangkan sebagai terbuka, bekerja sama, ramah, sopan, ringan tangan untuk membantu, sabar, tanggap secara sosial, simpatik, hangat, dan mudah memahami.

ENTERPRISING (E)

Menyukai pekerjaan kreatif, inovatif, dan menghibur seperti penjual, manager, usahawan, dan diterangkan sebagai petualang, ambisius, dominan, energetik, dan terbuka secara pribadi. Karier enterpresing antara lain ialah : pedagang, pialang, promotor, producer acara, eksekutif dalam dunia bisnis, penjual, supervisior, dan manager. Tipe E biasanya memiliki jiwa kepemimpinan, kemampuan berbicara didepan umum, tertarik dengan uang dan politik, serta senang untuk mempengaruhi orang lain. Secara pribadi suka mempengaruhi secara langusng, petualang, ambisius, menyenangi perhatian, dominasi, energik, terbuka, impulsif, optimistis, mencari kesenangan, popularitas, percaya diri dan berjiwa sosial.

CONVENTIONAL (C)

Orang dengan karier coventional ialah analis keuangan, pegawai perpustakaan, banking, ahli pajak, sekretaris, korespondensi, akunting. Tipe C memiliki keahlian klerikal dan matemaika, menyukai pekerjaan dalam ruang dan mengelolasesuatu agar rapi. Tipe C ini secara pribadi menyukai rutinitas yang teratur, bekerja sesuai standar jelas, menghindari pekerjaan yang kurang jelas. Pribadi senang dengan kepatuhan, kesadaran, kehati-hatian, efisiensi, sesuai aturan, tetap dan konstan.

Nah, bagiamana? Sekarang sudah tahu kan gambaran karier yang memang cocok buat kamu. Jangan sampai kamu menjadi bapak-bapak yang pertama ya, tapi jadilah seperti bapak-bapak yang kedua yang senantiasa bekerja “karena hobi” dan keikhlasan. Coba bayangkan betapa senang mereka yang melakukan hobi dan dibayar pula. Dan sekarang pastikan bahwa kamu adalah salah satu orang tersebut.

“baik buruknya suatu pekerjaan bukan ditunjukkan dari tingginya jabatan, namun dari pekerjaan tersebut, mampu membuat dia bermanfaat bagi orang lain atau tidak”

 

Buku Referensi :

PsikologID-oke-1

Beli bukunya ya, banyak ilmu baru yang akan kamu dapat dibuku ini.

Leave a Reply

