Pentingnya Quality Time

Apa anda tahu apa itu Quality time? Seberapa sering anda melakukannya? Baiklah. Quality time atau banyak orang menyebut dengan Qtime adalah waktu berkualitas yang diluangkan kepada oranglain, maksud berkualitas disini adalah waktu yang diluangkan tersebut menimbulkan rasa berkesan didalam hati dan berdampak baik. Banyak orang yang berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, ataupun teman namun tidak mempunyai kesan ketika telah berkomunikasi, hanya sebatas memenuhi kebutuhan pribadi misalnya ‘mau mengambil tugas’ atau yang lain-lain. Hati tidak hadir dalam pertemuan mereka.

Qtime bisa dilakukan kepada siapa saja, misalnya teman, sahabat, atau keluarga. Yang akan kita bahas kali ini adalah Qtime bersama keluarga, karena pada jaman yang modern seperti ini sering kita melihat anak kurang mempunyai waktu khusus kepada kedua orangtuanya, pun sebalikyna, orangtua juga kurang perhatian kepada anaknya, tidak tahu dengan siapa dia berteman, bagaimana di sekolah dan lain-lain.

Mengapa Penting?

Memberikan waktu yang berkualitas atau quality time kepada keluarga merupakan sesuatu yang sangat penting. Manfaat bagi orangtua sendiri adalah beliau akan lebih tahu bagaimana perkembangan anaknya sekarang, dengan siapa dia berteman, apa cita-citanya, apa halangannya, dan lain sebagainya sehingga orangtua akan lebih bisa mengontrol anaknya, menujukkan mana yang baik dan mana yang buruk, perlu diketahui, pendidikan pertama bagi anak adalah didalam keluarganya. Sebagian besar kasus tawuran pelajar, narkoba, hamil diluar nikah atau kasus yang lainnya disebabkan karena orangtua tidak cukup tahu dengan siapa anak berteman, bagaimana si anak berkelakuan di sekolah dan lain-lain. Maka, dengan meluangkan waktu yang berkualitas kepada anak, orangtua lebih tahu anaknya sendiri. Masa sih iya orangtua tidak tahu tentang anaknya sendiri, kan lucu. Itu manfaat bagi oranguta. Lalu manfaat bagi anak sendiri adalah kita akan mendapat banyak pelajaran dan ‘petuah’ dari orangtua yang akan menjadi bekal kita menghadapi kehidupan di dunia ini, misalnya tentang prinsip hidup sederhana, memberi kepada yang miskin, apa arti kesuksesan, apa arti keluarga dan lain-lain, banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari orangtua kita, selain itu, meluangkan quality time kita kepada orangtua juga akan mempermudah kehidupan kita.

Surga ada ditelapak kaki ibu, ridho Allah ada di ridho orangtua. Cukuplah dua kata ini menjadikan kita lebih memprioritaskan orangtua dan banyak banyak meluangkan waktu yang berkualitas kita kepada orangtua.

Pada intinya, jika kita meluangkan banyak-banyak quality time kita kepada orangtua, kita akan mendapat banyak sekali pelajaran tentang hidup, dan akan dipermudah hidup kita oleh Allah, karena Allah suka kepada hambanya yang mau menghormati orangtuanya. Jika kita mempunyai cita-cita, ceritakan, dan mintalah doa kepada orangtua, InsyaAllah cita-cita itu akan segera menghampiri, nggak percaya? Coba aja.

Mari kita sering-sering meluangkan Qtime kita kepada keluarga, misalnya saja ketika makan malam, melihat TV atau waktu-waktu yang lain sambil berlibur, sehingga bagi orangtua, beliau bisa mengetahui ‘kabar’ anaknya, dan bagi anak, dia akan mendapat banyak pelajaran dan dipermudah hidupnya. Selamat mencoba, semoga kita bisa dipermudah untuk mempraktikkan Qtime kita, sehingga Qtime tidak hanya ketika hari raya Idul Fitri saja.

Oleh : Khorido Hidayat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s