Ibarat Pergi Kesuatu Tempat

Apakah anda mempunyai cita-cita? Baguslah kalau anda mempunyai cita-cita, karena cita-cita adalah bahan bakar kehidupan kita. Orang yang tidak mempunyai cita-cita akan cenderung terlalu pasrah kepada kehidupan ini, padahal, hidup haruslah diperjuangkan. Bahasan tentang bagaimana caranya kita menciptakan sebuah cita-cita, InsyaAllah akan dibahas pada postingan berikutnya. Jadi pantengin aja bolg ini ya, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Oke kembali ke topik. Jika kita mempunyai suatu cita-cita dan ingin cita-cita tersebut segera menghampiri, maka kita harus rajin berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. Tetapi selain itu, ternyata kita juga perlu untuk mengkoreksi apakah jalan yang kita tempuh ini memang ‘jalannya’ menuju apa yang kita cita-citakan.

Jika diibaratkan, mengejar cita-cita itu seperti layaknya kita akan pergi kesuatu tempat, kita harus tahu tempat itu dimana, dan kita juga harus tahu jalan mana yang harus ditempuh untuk menuju tempat yang kita inginkan.

Misalnya saja jika kita bercita-cita menjadi seorang fotografer, maka kita mulai sekarang harus sering-sering mengikuti komunitas fotografi, membeli kamera, belajar fotografi, berteman dengan orang-orang yang pandai fotografi dan lain-lain. Jadi jangan sampai kita bercita-cita sebagai A namun jalan yang kita jalani adalah jalan untuk menjadi B.

Dosen Bimbingan Konseling Karir saya pernah mengajak saya dan teman-teman sekelas untuk mengoreksi cita-cita kami melalui empat pertanyaan mendasar. Empat pertanyaan tersebut adalah :

  1. Apakah tujuan hidup anda?
  2. Apa yang bisa anda lakukan untuk mencapai tujuan hidup anda?
  3. Apakah sudah relevan antara tujuan hidup anda dan apa yang anda lakukan saat ini?
  4. Jika belum relevan, apa yang akan anda lakukan untuk mewujudkan tujuan hidup anda?

Kami semua sempat kaget dan bingung karena sebagian dari kami ternyata masih banyak yang tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas. Belum lagi ketika dilanjut kepada pertanyaan kedua, ketiga, dan keempat. Begitulah. Jadi kita memang perlu untuk mengoreksi diri, apakah yang kita lakukan saat ini sudah mencerminkan cita-cita yang kita raih besok.

Jadi, apakah cita-cita anda sudah relevan dengan apa yang anda usahakan hari ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s