Cara Menjadikan Hari Senin Sebagai Hari yang Membahagiakan

Bagi kebanyakan orang, hari senin adalah hari yang super-super menyebalkan. Dimana kita kembali kepada rutinitas kehidupan yang membosankan, bagi pelajar, dia akan kembali bersekolah, mengerjakan PR, ulangan dan lain-lain. Bagi para pekerja kantor, dia akan kembali diuber-uber oleh deadline yang terus mengejar, dimarahi oleh bos dan lain lain. Ya itulah senin.

Tapi mau sampai kapan kita akan membenci hari senin? Padahal hari senin adalah hari pertama anda mulai mencari rezeki lagi, hari pertama anda berkesempatan mencari ilmu lagi, hari pertama dimana anda merangkai mimpi-mimpi lagi. Nabi Muhammad lahir di hari senin, pintu-pintu surga juga dibuka pada hari senin dan kamis. So, mau sampai kapan akan membenci hari senin?

Oke, disini saya akan berbagi tips tentang bagaimana caranya agar kita bisa menyukai hari senin. Tips ini sudah saya lakukan agak lama, dan Alhamdullilah, memang bisa berdampak baik. Semoga anda juga begitu. Berikut tipsnya :

Resapi Keutamaan Hari Senin

Ajakan saya disini bukan hanya memahami keutamaan hari senin lho ya, tapi meresapi. Artinya memang harus benar-benar diresapi dalam hati. Bukan hanya sekedar tahu apa saja keutamaan hari senin. ‘lha terus apa keutamaan hari senin?’. Emm, soal itu anda bisa cari sendiri, hehe. Ya antara lain seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa keutamaan hari senin adalah hari dimana kita mulai mencari ilmu lagi, bertemu dengan teman-teman lagi, hari dimana kita memperbarui target-target mingguan kita, hari dimana kita bisa berdamai dengan masa lalu, hari dimana kita mempunyai hidup yang baru dengan minggu yang baru, hari dimana Rasulullah dilahirkan, dan hari dimana pintu-pintu surga dibuka. Anda bisa mencari sendiri berdasarkan pengalaman anda sendiri.

Upgrade Kalender HP-mu

Kebanyakan kalender yang pernah saya temui adalah kalender yang letak hari seninnya adalah diawal minggu. Artinya hari senin adalah hari pertama, hari awal minggu. Sehingga anda akan mengawali minggu baru dengan maiset ‘tugas lagi tugas lagi’ atau ‘sekolah lagi, sekolah lagi’ sehingga anda akan mengawali minggu baru ini dengan mainset yang melelahkan dan tidak mengenakkan.

 

Kalender Pembenci Hari Senin (Kiri) | Kalender Ramah Hari Senin (Kanan)

Upgrade kalendermu dengan sistem yang dimana hari minggu adalah hari pertama dan hari senin adalah hari kedua dalam dalam kalender. Dengan ini mainset kita akan berkata ‘kita mengawali minggu dengan bersantai, dengan berlibur, bertemu keluarga dll’ karena hari pertama dalam seminggu ini adalah hari senin. Dengan ini kita akan lebih ringan dalam menjalani minggu baru ini, dan tidak lagi membenci hari senin. Kalau perlu pasang widget kalendermu di layar awal HP mu, sehingga mainset kita akan terus terbiasa bahwa hari senin itu bukan hari pertama, tapi hari kedua.

Screenshot_2016-05-06-10-52-53
Ini adalah tampilan layar utama HP saya.

Dengan permainan mainset ini, kita akan lebih ringan menghadapi minggu baru, dan menghadapi hari senin. Dan efeknya jelas, kita akan lebih bersemangat dalam belajar, bekerja, dan berprestasi.

Oke itu saja ilmu yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat, semoga kita bisa menjadi orang yang ramah kepada hari senin. Karena hari senin adalah hari awal rejeki kita turun, hari dimana kita bisa mengejar cita-cita lagi, hari dimana kita akan berdamai dengan masa lalu, dan hari dimana kita akan menjalani hidup dengan semangat baru. Selamat beraktifitas, semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s