Nikmat Kemerdekaan Sebuah Negara

Pada perjalanan pulang dari Jogja kemarin, saya sengaja untuk lewat kota Ambarawa. Kota yang sangat terkenal, bahkan anak-anak SD pun tahu bahwa di kota tersebut dahulu pernah terjadi perang yang maha dahsyat, yang korbannya bukan hanya satu atau dua orang, tapi puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Ketika itu masyarakat begitu compang-camping melihat tawanan tentara yang malah dipersenjatai oleh sekutu sendiri. Lari kesana – lari kesini, ada lubang untuk bersembunyi langsung dimasuki, ada bambu sisa membuat rumah dipakai untuk senjata, ibu-ibu bingung karena gadisnya hilang diculik oleh Belanda, kontak senjatapun tidak terelakkan. Saya betul-betul seperti bisa membayangkan kondisi Ambarawa ketika itu. Tetapi itu dahulu, Ambarawa yang dahulu kocar-kacir karena Belanda, kini sudah berubah menjadi Kota Ambarawa yang asri, yang bisa ditinggali untuk menikmati hari tua. Pasar-pasar yang mungkin dahulu adalah target operasi dari Belanda, tempat penyiksaan, bahkan pemerkosaan, kini telah menjadi tempat yang subur dan bisa digunakan untuk mencari rejeki.

Itulah nikmat kemerdekaan, saya teringat perkataan para pendiri bangsa ini :

“kita hanya memerdekakan Indonesia, yang mengisi kemerdekaan adalah kalian -para pemuda-“

Kita sudah merdeka. Kita bisa bayangkan jika nikmat kemerdekaan ini belum kita raih, mungkin bisa saja kita tiba-tiba disergap oleh tentara belanda ketika kita sedang nongkrong di café, atau bisa saja ibu bapak kita dipenjara tanpa alasan yang jelas. Maka beryukurlah, karena para pejuang kita telah bersedia mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk kita. Betul, untuk kita.

Maka tinggal bagaimana dari kita sendiri untuk mengisi kemerdekaan ini, bagaimana kita bisa memilah-memilih kegiatan yang positif, bagaimana kita bisa mengembangkan passion kita untuk Indonesia.

Merdeka!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s