Dua Makna Keadilan

Sering kita mendengar keluhan

“kamu harus adil” atau

“adil dong, masa gitu”

 

Tapi sebenarnya apa sih sebenarnya hakikat dari adil itu?

Oke langsung saja ya. Jika kita berfikir lebih dalam, sebetulnya adil itu mempunyai dua makna. Makna yang bertama adalah sama rata, dan makna yang kedua adalah tidak sama rata. Mari kita bahas satu persatu.

 

Keadilan yang Bermakna Sama Rata

Jika adil dimaknai sebagai sesuatu yang sama rata, maka artinya ya sama rata. Hehe. Misalnya ada murid yang datang terlambat 10 menit, ia didenda 10.000, maka jika guru mapel terlambat 10 menit, guru itu juga harus didenda 10.000 pula. Itu makna adil yang sama rata. Tapi disisi yang lain,  keadilan juga ada yang bermakna tidak sama rata.

Keadilan yang Bermakna Tidak Sama Rata

Dalam perspektif ini, singkatnya, yang dinamakan adil itu ya ketika seseorang dihukum berbeda dengan orang lain karena mungkin perbedaan strata, usia atau yang lain-lain. Contohnya adalah ketika anak dibawah umur mencuri sebuah sepeda motor, dia diganjar dengan hukuman penjara 2 tahun, maka jika ada orang dewasa yang mencuri sebuah sepeda motor, ia diganjar bukan 2 tahun penjara lagi, tapi lebih dari itu, mungkin 5 tahun disertai denda atau yang lainnya.

Menafsirkan Keadilan di Tempat yang Tepat

Karena mempunyai dua makna inilah kadang orang salah menafsirkan sebuah makna keadilan yang sebenarnya. Misalnya ketika ada seorang ahli hukum yang kedapatan melakukan pelanggaran hukum dan akhirnya ia diganjar dengan hukuman penjara selama 10 tahun. Maka jika rakyat kecil yang melalakukan korupsi –yang pada umumnya tidak paham hokum-, mestinya dia tidak giganjar 10 tahun, tetapi dibawahnya, karena hukuman seharusnya berlaku lebih berat bagi orang yang paham hukum.

Tetapi jika akan ditafsirkan dalam ‘keadilan yang bermakna sama rata’ juga bisa, bahwa : “semua orang, baik pejabat atau rakyat, jika korupsi sekian miliar rupiah, diganjar dengan hukuman yang sama yakni sekian tahun”

 

Inilah kadang yang menjadi PR para ahli hukum dalam menegakkan keadilan.

Selamat mempraktikan dua makna keadilan ini, semoga kita diijinkan menjadi pribadi yang lebih baik daripada hari kemarin. Selamat beraktifitas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s