Ya Saya Memang Orangnya Gini!

“ya dia emang orangnya gitu, cemberutan”

“dia saya emang gini, orangnya pendiem”

“ya dia emang gitu, jarang banget bersosialisasi”

 

Pasti kalian pernah mendengar percakapan seperti itu, yang kurang lebih intinya sama : tentang kekhasan seseorang. Ada orang yang yang khasnya cemberut, rambut berantakan, ada yang khasnya di kelas duduk di belakang main HP. Semua itu khas.

Tapi, apakah yang khas itu selalu baik?

Mari kita lihat bersama dengan beberapa contoh diatas, ‘cemberut, pendiam, penampilan tidak rapi’ apakah itu sifat baik? No! Bagaimana kita akan dihargai oranglain jika kita terus menampilan gestur yang cemberut terus kepada orang lain? Bagaimana ide gagasan kita akan tersampaikan jika kita terus diam? You must speak up! Bicara! Ini ada lagi, sudah tahu penampilan tidak rapi tapi teruuuss aja dipertahanin, rapihin lahh. Jangan karena alasan ‘ini sudah ciri khas saya’ lalu menjadikan kamu terkurung dalam kebiasaan burukmu.

“ya gimana ya, saya ini orangnya baru niat belajar ya kalau sudah H-1 ulangan”

Wah kalau kasusnya begini susah jadinya, kemalasan sudah diakui sebagai ciri dari diri sendiri. Ubah lah. Belajar H-1 itu baik, tapi bukankah belajar jauh-jauh hari itu lebih baik?

 

Jadi jika saya mengambil kata-kata dari Danang Girindawardana, saya akan mengatakan “Jangan menjadi diri sendiri”

Dulu ketika kita kecil, orangtua tidak pernah menginginkan kita untuk menjadi diri kita sendiri, kita terus diajari menjadi orang lain, seperti : berbicara sopan, berpenampilan rapi, belajar yang rajin, hormat kepada orangtua. Orangtua mendidik kita untuk menjadi orang lain. Kan?

Maka sekarangpun kita harus tetap untuk belajar menjadi orang lain, jangan kita mengurung diri dengan kata ‘ya saya kan emang orangnya …’ kalau bisa diubah ya diubah aja. Masa sifat cemberutan, kurang rapi, gaptek mau dipertahanin terus. Ubah, change!

 

 

Yuk, mulai saat ini, jangan menjadi diri kita sendiri!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s