Tips Sukses #1 – Tarik Masa Depamu

Semua orang pasti mengingingan sebuah kesuksesan, baik dalam hal pekerjaan, keluarga ataupun sosial. Dan kabar baiknya, kesuksesan itu bisa dimiliki oleh siapa saja. Orang miskin, orang kaya, orang desa, maupun orang kota, semua mempunyai kesempatan untuk sukses. Berkaitan dengan sukses, saya mempunyai beberapa tips sukses yang nanti akan dijadikan menjadi beberapa artikel blog yang mungkin tips-tips tersebut bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tips pertama ini akan membuat kita akan berbeda dengan yang lainnya, yang akan membuat kita lebih cepat sukses dari orang lain. Tips ini bernama ‘tarik masa depanmu!’

Banyak orang selalu menunggu dan selalu berandai “besok ketika saya sudah menjadi dosen, saya juga akan mendirian usaha sampingan” atau “andai besok saya sudah menjadi seorang yang terhormat, saya akan memperlakukan bawahan saya seperti seorang saudara” – banyak orang seperti itu, namun pada akhirnya mereka tidak melakukan apa-apa, selain apa yang juga dilakukan orang lain. Mainstream. Menarik masa depan merupakan sebuah tips yang saya rasa bisa mempercepat kesuksesan kita semua –paling tidak mempercepat kita untuk berproses.

Teknisnya mudah, kita tinggal merumuskan hal/sifat apa saja yang ingin kita capai ketika sukses, lalu kita menuliskan apa yang bisa kita lakukan saat ini untuk menuju hal/sifat yang ingin kita tuju itu, lalu yang terakhir, kita melakukan apa yang sudah kita tekadkan dengan serius dan secara terus-menerus. Misalnya saja, ketika sukses besok, kalian pengin rutin memberi kepada anak-anak yatim melalui acara bakti sosial di panti asuhan setiap tiga bulan sekali. Maka disaat ini, kita harus mulai sering sedekah kecil-kecilan ke panti asuhan setiap bulan. Bisa mulai dari seratus ribu atau dua ratus ribu –tidak usah terlalu banyak. Yang terpenting disini adalah melakukan apa yang bisa kita lakukan sekarang, menarik masa depan, karena jika kita menunda kebiasaan sedekah dengan dalih ‘nunggu sukses’, maka pertanyaannya adalah ‘emang suksesnya kapan?’ –toh, kalau sudah sukses, apakah kita masih mempunyai niat yang seperti itu? Karena bisa jadi, ketika sukses, kita hanya mempunyai sedikit waktu atau hal-hal yang lain yang akan menjadikan kita tidak dapat merealisasikan niat kita dahulu. Lain halnya jika kita sudah terbiasa untuk pergi ke panti, silaturahmi ke panti, maka ketika suksespun, insyaallah kita akan seperti itu juga. Karena sebuah perubahan tidak terjadi secara radikal.

Masa depanmu tercermin dari kebiasaanmu sekarang. Seorang manajer tidak akan bisa berbuat baik kepada bawahannya kecuali jika dia memang sudah membiasakannya sejak dahulu, sejak mahasiswa, atau sejak mereka masih menjadi karyawan biasa. Seorang presiden tidak akan mempunyai sifat rendah hati, dan dekat dengan rakyatnya jika dia tidak membiasakannya ketika mereka masih kuliah, masih sekolah, atau ketika ia masih menjadi gubernur –tarik masa depanmu sekarang.

 

Jadi jika kalian bermimpi, tariklah mimpi itu sekarang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s